SMA Negeri 3 Sampit Laksanakan Gladi Bersih ANBK 2022

SMAN 3 Sampit –  Gladi bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang SMA, mulai digelar Senin, 22 Agustus 2022 sampai dengan Selasa, 23 Agustus 2022. Gladi bersih ini dilaksanakan agar peserta memiliki gambaran mengenai pelaksanaan ANBK.

Penanggung Jawab Pelaksanaan ANBK SMAN 3 Sampit Bapak Drs. H. Livenur mengatakan gladi bersih diikuti peserta ANBK yg diseleksi dari pihak  kemendikbudristek sebanyak 45 orang, diharapkan meningkatkan kemampuan literasi dan numerical, Serta memiliki gambaran soal, model, dan jenis soal, termasuk memberikan gambaran prosedur kerja pelaksanaan ANBK,” ungkapnya

Pak Livenur Hasby juga mendapatkan laporan dari 2 Ruang dan 1 sesi Proktor maupun teknisi sekolah yang menjadi pelaksana gladi bersih ANBK kemarin meninformasikan Sejauh ini pelaksanaan gladi bersih ANBK relatif berjalan dengan baik. Langkah Persiapan ANBK untuk jenjang SMA sederajat akan dilaksanakan pada 29 Agustus 2022 sampai dengan 1 September 2022.

Komponen asesmen nasional terdiri dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, dan survei lingkungan belajar. Untuk AKM terdiri dari literasi dan numerasi. Survei karakter terdiri dari enam sub topik yang akan disurvei. Diharapkan dari hasil survei karakter akan keluar sebuah paradigma profil pelajar yang disebut profil pelajar Pancasila. Sementara, survei lingkungan belajar, berupa survei kondisi belajar, metode belajar, dan lainnya.

Terkait asesmen nasional, SMAN 3 Sampit wajib ikut, Sementara yang akan dipilih acak yaitu siswa sebagai peserta asesmen. Siswa yang ikut berasal dari kelas XI. Hasil asesmen tidak menjadi syarat lulus seperti ujian nasional sebelumnya. Asesmen nasional diperuntukkan untuk pemetaan pendidikan, pemetaan kualitas pembelajaran, dan pemetaan mutu siswa yang tersebar di seluruh Indonesia. Nantinya hasil asesmen nasional akan menjadi salah satu referensi melakukan kebijakan layanan pendidikan di Indonesia pada tahun berikutnya.