PTS DAN SUMATIF SMAN 3 SAMPIT

Sampit – SMAN 3 Sampit Melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Sumatif adalah dua bentuk penilaian yang digunakan oleh sekolah untuk mengevaluasi kemajuan siswa selama satu semester pembelajaran. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan Penilaian Tengah Semester dan Sumatif dengan penggunaan aplikasi examora dan PC:

  1. Menentukan tujuan dan ruang lingkup penilaian: sebelum memulai penilaian, penting untuk menentukan tujuan dan ruang lingkup penilaian. Hal ini akan membantu dalam menentukan jenis tes dan pertanyaan yang akan digunakan untuk mengevaluasi kemampuan siswa.
  2. Menentukan format tes: ada beberapa format tes yang dapat digunakan dalam penilaian, seperti tes pilihan ganda, esai. Pilih format tes yang paling sesuai dengan tujuan dan ruang lingkup penilaian.
  3. Mempersiapkan instrumen penilaian: setelah menentukan format tes, persiapkan instrumen penilaian yang sesuai. Pastikan instrumen penilaian tersebut telah memenuhi kriteria kevalidan dan keandalan.
  4. Memberikan pengarahan kepada siswa: memberikan pengarahan yang jelas dan terperinci kepada siswa sebelum tes dimulai sangat penting untuk membantu siswa memahami tujuan penilaian dan format tes yang akan digunakan.
  5. Memberikan waktu yang cukup untuk siswa: berikan waktu yang cukup untuk siswa menjawab pertanyaan dan menyelesaikan tes. Pastikan waktu yang diberikan mencukupi untuk siswa menyelesaikan seluruh bagian tes.
  6. Memeriksa dan menilai tes: setelah tes selesai, periksa dan nilai tes dengan seksama. Pastikan nilai yang diberikan sesuai dengan kriteria penilaian yang telah ditentukan sebelumnya.
  7. Memberikan umpan balik kepada siswa: setelah penilaian selesai, berikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa. Umpan balik ini dapat membantu siswa memahami kekuatan dan kelemahan mereka dan membantu mereka untuk meningkatkan kinerja mereka di masa depan.
  8. Memonitor kemajuan siswa secara berkala: lakukan pemantauan kemajuan siswa secara berkala, baik selama maupun setelah penilaian. Hal ini akan membantu dalam menentukan keberhasilan metode penilaian yang telah digunakan dan membantu dalam menentukan perbaikan yang dapat dilakukan di masa depan.
  9. Melakukan evaluasi diri: evaluasi diri terhadap pelaksanaan kegiatan penilaian sangat penting untuk menentukan keberhasilan dan perbaikan yang dapat dilakukan di masa depan. Hal ini juga membantu dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran di sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *